24 Juni : Hari Raya Kelahiran St. Yohanes Pembaptis

20/06/2009 08:21

Di masa silam, Tuhan berjanji akan mengutus seseorang yang akan menyelamatkan manusia. Kita telah mengacaukan dunia dan hidup kita. Kita sungguh membutuhkan pertolongan. Tuhan juga berjanji bahwa Ia akan memberitahu kita apabila Juruselamat itu akan datang. Tuhan mengatakan bahwa Ia akan mengutus seseorang yang akan menjadi semacam penyiar berita kedatangan-Nya.

Tuhan bersabda, “Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.” Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikan-Nya, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang Israel, yaitu Yesus. Menjelang kedatangan-Nya Yohanes telah menyerukan kepada seluruh bangsa Israel supaya mereka bertobat dan memberi diri dibaptis. Dan ketika Yohanes hampir selesai menunaikan tugasnya, ia berkata: “Aku bukanlah Dia yang kamu sangka, tetapi Ia akan datang kemudian dari padaku. Membuka kasut dari kaki-Nyapun aku tidak layak.” (Kis 13:22-25)

Yohanes-lah penyiar berita itu. Ia seperti seorang penyiar berita di TV. Yohanes merupakan tokoh yang amat penting hingga kita merayakan hari kelahirannya. Pestanya hampir tepat enam bulan sebelum hari Natal. Kalian dapat menganggap bahwa hari kelahirannya merupakan tanda pengingatan bagi kita untuk mempersiapkan diri menyambut Natal.

Hanya dua orang kudus yang hari kelahirannya dirayakan oleh Gereja: Yohanes Pembaptis dan Bunda Maria, Bunda Yesus (kita merayakannya pada bulan September). Kalian mungkin hendak menambahkan hari kelahiran Yesus dalam daftar di atas, tetapi Yesus jauh lebih dari sekedar seorang kudus. Yesus adalah Putra Allah. Yohanes yang menyiarkannya kepada dunia.

 

sumber : yesaya.indocell.net

 

 

—————

Back